PENGERTIAN TEORI BELAJAR
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7uOFzl27MofeezQVHC2KjEVLxLueIiLuVBLpF9PDYaiUJOO4n0wS12UxR14gealjy33WRnlanQW-xaxISP83Cb9XiUqja3QkWxBx7aWByJ7Q0Ql3PXwkYPxn7DnP9TXop6cQ9G8vgXtw/s1600/100909141537-large.jpg)
Teori Belajar seperti dikutip dari wikipedia didefinisikan sebagai kerangka kerja konseptual (conceptual framework) yang menjelaskan bagaimana informasi diserap, diproses, dan disimpan selama pembelajaran. kognitif, emosi, pengaruh lingkungan dan juga pengalaman sebelumnya. Dimana, Semua hal ini berpengaruh pada pemahaman, pengetahun dan keterampilan yang diperoleh.
MACAM - MACAM TEORI BELAJAR
Ada beberapa teori belajar yang dikemukakan oleh para ahli antara lain:
- Behaviorisme
Pengajar yang menganut Teori Behaviorisme berpendapat perubahan tingkah laku adalah hasil dari pengalaman. Mereka melihat bahwa peserta didik adalah seorang yang pasif dan menanggapi rangsangan. Peserta didik dimisalkan sebagai sesuatu yang bersih dan Perilaku dibentuk melalui penguatan positif dan penguatan negatif.
Pencetus dan Pendukung Teori ini antara lain: John B. Watson, Ivan Pavlov, BF Skinner, EL Thorndike (koneksionisme), Bandura, Tolman.
Pencetus dan Pendukung Teori ini antara lain: John B. Watson, Ivan Pavlov, BF Skinner, EL Thorndike (koneksionisme), Bandura, Tolman.
- Teori Kognitif
Pengajar yang menganut Teori Kognitif berpendapat definisi belajar sebagai perubahan tingkah laku itu memiliki arti yang terlalu sempit dan lebih menekankan pada belajar oleh si pelajar daripada lingkunganya. dan lebih mengkhususkan pada memory atau ingatan pelajar. Dengan kata lain, pelajar dipandang sebagai processor (pengolah) informasi layaknya processor pada komputer.
Pencetus dan Pendukung teori in: Merrill - Component Display Theory (CDT), Reigeluth (Elaboration Theory), Gagne, Briggs, Wager, Bruner (moving toward cognitive constructivism), Schank (scripts), Scandura (structural learning)
Pencetus dan Pendukung teori in: Merrill - Component Display Theory (CDT), Reigeluth (Elaboration Theory), Gagne, Briggs, Wager, Bruner (moving toward cognitive constructivism), Schank (scripts), Scandura (structural learning)
- Teori Kontruktivis
Selanjutnya Pengajar yang menganjurkan Teori Konstrutivisme percaya bahwa belajar adalah proses dari kontruksi. si pelajar adalah construtor (pembangun) informasi. Mereka percaya bahwa kemampuan pelajar dalam belajar bergantung dari sebagian besar dari apa yang mereka sudah tahu dan mengerti atau bisa dikatakan bahwa pengetahuan / informasi baru itu berhubungan dengan pengetahuan / informasi yang lama.
Pencetus dan pendukung teori ini: Vygotsky, Piaget, Dewey, Vico, Rorty, Bruner
Pencetus dan pendukung teori ini: Vygotsky, Piaget, Dewey, Vico, Rorty, Bruner
- Teori Humanis
Teori Humanis memandang belajar adalah tindakan seseorang untuk memenuhi potensi yang dimilikinya. Pendekatan
yang berfokus pada potensi manusia untuk mencari dan menemukan
kemampuan yang mereka punya dan mengembangkan kemampuan tersebut.
Pencetus dan pendukung teori ini: Abraham Maslow, Carl Rogers, Malcolm Knowles
Pencetus dan pendukung teori ini: Abraham Maslow, Carl Rogers, Malcolm Knowles
Yup.. demikian penjelasan singkat mengenai teori belajar semoga bermanfaaat...
*sumber: wikipedia on http://en.wikipedia.org/wiki/Learning_theory_%28education%29
http://www.learning-theories.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar